LIPSUS

Dansektor 5 Citarum Harum : Citarum Merupakan Urat Nadi Kehidupan Masyarakat Jawa Barat

KAB. BANDUNG, K-LIDIKNEWS.COM — Sebanyak Tiga Ratus Dua orang Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Wilayah Sektor 5 dan 21 Citarum Harum bertempat di Aula kecamatan Solokan Jeruk, kabupaten Bandung, senin (15/7).

Dansektor 5 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Sumarno membuka acara Penerimaan Mahasiswa KKN Tematik tersebut dan memberikan apresisasi kepada Rektor dan Ketua LP4M Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung atas perhatian serta dukungannya pada Program Citarum Harum.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kolonel Inf Yusef S. Selaku Dansektor 21 Citarum Harum , Dirut Kampus UPI Dr. Asep Herry Hermawan, Sekretaris Camat Solokan Jeruk Cucu Endang dan tamu undangan lain.

Dansektor 5 Citarum harum Kolonel Inf Sumarno memaparkan “ untuk sektor 5 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UPI sebanyak 181 orang dan akan disebar ke 4 Desa di Sektor 5”.

“Kita semua telah mengetahui, bahwa Citarum merupakan salah satu sumber dan urat nadi kehidupan masyarakat Jawa Barat termasuk DKI Jakarta” tandasnya.

Lebih lanjut Sumarno mengatakan, diperlukan pembenahan terhadap sungai terpanjang di Jawa Barat ini, karena DAS Citarum saat ini mengalami pencemaran dan kerusakan, padahal Citarum sangat di perlukan untuk pemenuhan ketersediaan air baku, kebutuhan pengairan, pertanian, peternakan, industri , sampai dengan kebutuhan energi listrik.

“Sejak dicanangkannya Program Citarum Harum, dan dituangkan melalui Perpres No. 15 tahun 2018 Tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan daerah Aliran Sungai Citarum, penataan serta revitalisasi ekosistem di DAS Citarum terus dilakukan dan telah menjadi agenda Nasional Pemerintah Pusat” tutur Sumarno.

” Dengan adanya Program Citarum Harum ini, Satgas bekerja dengan prinsif satu kesatuan Komando yang didalamnya melibatkan Pemerintah, TNI yang bersinergi dengan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat, ” terang Sumarno.

Sumarno menilai, Rutinitas Pembersihan dan penataan DAS Citarum juga sosialisasi terhadap masyarakat demi mewujudkan Citarum yang bersih, saat ini telah membuahkan hasil yang signifikan.

Sementara itu, Drs.Asep Hery Hernawan Mpd Direktur UPI memaparkan” program program semua sudah di bagi untuk mewujudkan Tri Darma Perguruan tinggi , maka setiap kelompok mahasiswa sudah membuat program masing – masing dan terutama kita memenuhi bagaimana Merubah Mindset Masyarakat untuk membantu upaya – upaya yang di lakukan pemerintah dengan program Citarum Harum, Citarum Untuk menjadi harum itu adalah Urat nadi kita semua.

Setelah usai kegiatan penerimaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Kolonel Inf Sumarno mengajak para awak media untuk menunjukan progress pembangunan yang akan menjadi Icon untuk Sektor 5, yang berlokasi di Wilayah Bojong Mas. (Aldo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *