LIPSUS News Uncategorized

Rakerda DPD Apersi Jabar, Bahas Penambahan Kuota Terhadap Realisasi KPR Bersubsidi Tahun 2019

K-LIDIK, BANDUNG – Sebanyak 300 Pengembang Perumahan yang tergabung di Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia Provinsi Jawa Barat menghadiri Rapat Kerja Daerah Tahun 2019, bertempat di Hotel Savoy Homann Bandung, Jalan Asia Afrika No. 112 Bandung, Kamis, 8 Agustus 2019.

Tema yang diusung dalam RAKERDA ini, Sinergitas APERSI Dengan Pemerintah dan Perbankan Dalam Pencapaian Target Penyediaan Rumah MBR

Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dr. Ir. Eko Djoeli Heripoerwanto, MCP membuka secara resmi Rakerda DPD APERSI Jawa Barat ditandai dengan pemukulan gong didampingi Ketua DPD APERSI JABAR, Rd.H. Gunawan Sumadikara, Ketua Umum DPP APERSI, H. Junaidi Abdillah, SE.,MM. Kepala Divisi Subsidized Mortgage Division PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Hirwandi Gafar, dan Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc, bertempat di Hotel Savoy Homann Bandung, Jalan Asia Afrika No. 112 Bandung, Kamis, 8 Agustus 2019. Dengan Tema Sinergitas APERSI Dengan Pemerintah dan Perbankan Dalam Pencapaian Target Penyediaan Rumah MBR.

Pada kesempatan tersebut, Rd.H. Gunawan Sumadikara (Ketua DPD APERSI JABAR MASA BAKTI 2018 – 2022), Dra. Hj. Ainoor Kardiman (Ketua DPD APERSI JABAR MASA BAKTI 2007 – 2013), Dra. Rahayu Wiramiharja (Ketua DPD APERSI JABAR MASA BAKTI 2013 – 2017 dan Adang Rikman (DPOD DPD APERSI JABAR) memberikan penghargaan kepada Ir. H. Eddy Ganefo, H. Fuad Zakaria,  Yuyu Udin dan H. Junaidi Abdillah, SE., MM sebagai bentuk penghormatan kepada para senior atas bimbangan dan dukungannya terhadap kemajuan DPD APERSI JABAR.

Ketua Penyelenggara RAKERDA DPD APERSI JABAR Tahun 2019, H. Nurul Mubin, SH dalam laporannya menyampaikan ini dilaksanakan dalam rangka pemenuhan kewajiban yang diamanatkan oleh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga APERSI, dalam kerangka melakukan evaluasi pelaksanaan program kerja dan kebijakan organisasi yang telah digariskan oleh MUSDA – V APERSI Jawa Barat pada Tahun 2018 lalu.

Dalam penyelenggaraan RAKERDA sekarang ini kami telah berketetapan bahwa dalam rangka pemenuhan kebutuhan rumah di Jawa Barat, masih diperlukan ada semangat dan visi yang padu dari para pemangku kepentingan (stakeholder) di bidang Perumahan. Pemilihan tema “SINERGITAS APERSI DENGAN PEMERINTAH DAN PERBANKAN DALAM PENCAPAIAN TARGET PENYEDIAAN RUMAH MBR” adalah untuk mendukung semangat tersebut.

Pemilihan tema tersebut, dilandasi oleh keinginan kita, bersama – sama seluruh stakeholder bidang perumahan untuk dapat menyamakan visi dan persepsi dalam mendukung program nasional satu juta rumah. Bagaimanapun kita memahami, bahwa untuk menyukseskan program tersebut khususnya di Jawa Barat, tidak semata – mata dapat terlaksana oleh Pemerintah Daerah dan Pusat, tetapi juga oleh seluruh pengembang yang ada di Jawa Barat dan dibantu oleh seluruh kekuatan finansial perbankan, maupun lembaga keuangan penyedia uang muka, seperti, Badan Pengelola Jaminan Sosial ketenaga kerjaan (BPJS – Tenaga Kerja), Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan Dephan ( YKPP), maupun yang sekarang telah terbentuk yaitu Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Dalam kesempatan ini kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih, dengan adanya dukungan dari DPP APERSI, para Mitra Kerja, partisipasi dari Perbankan, para Sponsor, segenap anggota, Pengurus Korwil dan pengurus DPD APERSI Jawa Barat, serta jajaran panitia Penyelenggara RAKERDA, sehingga RAKERDA ini dapat terlaksana dengan sukses.
Ketua DPD APERSI JAWA BARAT, Rd. H. Gunawan Sumadikara mengatakan sebagaimana telah diamanatkan pada AD/ART APERSI, bahwa minimal sekali dalam satu periode kepengurusan, diwajibkan untuk menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah. Rapat Kerja ini selain mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja hasil MUSDA, juga untuk menyempurnakan program yang telah dilaksanakan serta program kerja yang akan datang, sesuai dengan kemutakhiran perkembangan. Sehingga pada akhir masa bakti kepengurusan, seluruh Program yang diamanatkan oleh MUSDA dapat dilaksanakan dengan optimal.

Kang Gun sapaan akrab Ketua DPD APERSI Jabar ini menjelaskan bahwa dalam rangka menyamakan persepsi di antara sesama pemangku kepentingan (stakeholder) sehingga gerakan pembangunan satu juta rumah dapat tercapai, maka di dalam RAKERDA DPD APERSI Jawa Barat 2019 ini akan diadakan dialog interaktif dengan sub-tema yaitu Penambahan Kuota Terhadap Realisasi KPR Bersubsidi Tahun 2019, Kemudahan dan Percepatan Perizinan, serta Dukungan Perbankan dalam proses KPR sehingga kita bersama dapat mencari solusi menyelesaikan permasalahan-permasalahan di dalam pencapaian penyediaan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Pada kesempatan yang baik ini, dimana RAKERDA DPD APERSI Jawa Barat 2019 adalah RAKERDA pertama yang dilaksanakan pasca Pemilu 17 April 2019 sehingga diharapkan dengan telah mendinginnya suhu poitik, dengan adanya RAKERDA ini dapat memberikan signal positif sehingga program sejuta rumah dapat segera tercapai.
APERSI sebagai organisasi wadah penyalur dan perjuangan aspirasi pengembang perumahan dan permukiman, dalam kiprahnya senantiasa memperjuangkan adanya perlakukan dan keberpihakan pemerintah baik pusat maupun daerah, dalam rangkaian untuk percepatan pembangunan Program Sejuta Rumah Bagi Masayarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
Dukungan pemerintah didalam Anggaran Pemerintah terkait dengan kuota terhadap Subsidi Selisih bunga (SSB) dan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) kami harapkan dapat segera direalisasikan penambahannya sehingga dapat membuat keyakinan Pasar semakin positif dan akhirnya dapat mempersempit backlog perumahan.
Selain itu, kata Kang Gun, penguatan serta sinkronisasi kinerja antara Pemerintah Pusat dan Daerah, yang diwujudkan dalam kebijakan nyata, antara lain dukungan regulasi yang cepat dan murah sehingga dapat mempermudah proses perizinan perumahan KHUSUS Rumah Subsidi untuk MBR.

Sehubungan dengan penyelenggaraan RAKERDA ini, kami atas nama DPD APERSI Jawa Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak terutama kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementrian Keuangan karena telah mengeluarkan permen-permen terhadap harga jual rumah subsidi tahun 2019 dan 2020.

Selain itu kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada DPP APERSI, Para Sponsor, mitra kerja baik dari kalangan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun para pengusaha terkait, seperti perbankan, penyedia bahan bangunan dan juga seluruh jajaran Panitia yang telah memberikan partisipasinya demi suksesnya penyelenggaraan RAKERDA DPD APERSI Provinsi Jawa Barat tahun 2019.

Sementara itu, Ketua Umum DPP APERSI, H. Junaidi Abdillah,SE.,MM mengatakan kami atas nama Dewan Pengurus Pusat APERSI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas sumbangsi pemikiran, tenaga, sehingga proses Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Tahun 2019 di Jawa Barat ini dapat berjalan dengan baik dan dihadiri oleh 26 DPD APERSI Seluruh Indonesia.

Hal tersebut merupakan pertanda, dengan melaksanakan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Tahun 2019 di Jawa Barat ini, merupakan momen penting untuk menghasilkan suatu konsep yang berstruktur berdasarkan skala Implementatif untuk referensi usulan Dewan Pengurus Pusat (DPP) APERSI kepada Pemerintah melalui Kementerian PUPR menyelesaikan setiap permasalahan dan penanganan program merumahkan masyarakat dapat fokus, komprehensif dan serta berkesinambungan.

Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Tahun 2019 di Jawa Barat, disamping telah di amanahkan dalam AD ART juga merupakan kegiatan dalam rangka menjalin dan mempererat tali silahturahmi dalam meningkatkan solidaritas dan kebersamaan serta rasa kekeluargaan antara pengembang perumahan dari berbagai Pengurus Daerah Seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat mewakili Gubernur Provinsi Jawa Barat memberikan sambutan dalam pembukaan Rapat Kerja Daerah DPP Asosiasi Pengembang Perumahan Dan Permukiman Seluruh Indonesia Jawa Barat (Rakerda DPP Apersi Jabar). Dalam acara ini Kadisperkim Jabar menyampaikan kepada anggota Apersi terkait pentingnya membangun lingkungan yang nyaman, yaitu membangunan lingkungan nyaman bukan hanya sekedar membangun atau merenovasi rumahnya saja tetapi juga terdapat unsur lain yang sama pentingnya karena di dalam rumah pasti terdapat juga manusia yang membutuhkan faktor- faktor pendukung kehidupan lain. *ME

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *