Liputan Citarum

Kang Acil Bimbo Membuat Semangat Masyarakat Desa Cikahuripan Dalam Pelestarian Alam

K-Lidik News.Com KBB – Acil Bimbo ,Seniman yang jadi Tokoh Budaya Lingkungan hidup ,disaksikan IGG Maha Adi dari Conservation Internasional Indonesia memotong Tumpeng, dan di berikan ke Kepada Ibunda Sigit Kamseno di saksikan oleh Abah Jepri Kabuyutan Masyarakat Adat Lembang Abah Ayi sesepuh Benteng Belanda Desa Cikahuripan Lembang , dalam acara Syukuran Hari IBU NASIONAL 2019,ke 91 , 22 Desember 2019. 

kehadiran seniman kawakan kang Acil Bimbo di Benteng Belanda dalam rangka mendukung Program My Darling Masyarakat Sadar lingkungan yang merupakan progran Jurnalis Peduli Citarum Harum  ( JPCH) Bersama Dansektor 22 Kolonel Inf.Asep Rahman Taufik, membuat semangat masyarakat Desa Cikahuripan dalam pelestarian alam.

Sosialisasi yang berkaitan dengan Program Citarum Harum dan pelestarian ekosistem lingkungan yang berada lingkungan sekitar Situs Cagar Budaya Benteng Belanda Desa Kahuripan Kec.Lembang Kab.Bandung Barat.Minggu (22 Desember 2019).

Kang Acil Bimbo ,Seniman yang jadi Tokoh Budaya Lingkungan hidup , memotong Tumpeng, dan di berikan ke Kepada Ibunda Sigit Kamseno di saksikan Abah Ayi , Syukuran Hari IBU NASIONAL 2019,ke 91 , 22 Desember 2019.

Kang Acil Bimbo,Seniman yang jadi Tokoh Budaya Lingkungan hidup , juga mengajak semua unsur masyarakat untuk merubah perilaku budaya dalam memperlakukan lingkungan demi kelestarian alam.

Kang Acil Bimbo, mengatakan jika kelestarian alam sudah kembali lestari, dapat membawa peradaban Jawa Barat secara khusus, dan Indonesia secara umum kearah yang lebih baik, ” kalau ibu-ibu sudah bergerak, ini pertanda alam akan terjaga dengan baik, ” ungkap Kang Acil Bimbo, di Acara MY DARLING ( Masyarakat Sadar Lingkungan) Sektor 22 Citarum Harum, yang dimeriah oleh 220 orang Ibu-Ibu dari kader Desa Cikahuripan Kec.Lembang, dan Ibu-Ibu dari Desa Gudang kahuripan, dan Desa Lembang, dalam rangka HARI IBU NASIONAL 2019, 22 Desember 2019.

Jurnalis Peduli Citarum Harum (JPCH ) kembali menggelar acara bersama masyarakat Desa Cukahuripan Lembang Kab.Bandung Barat, dengan tema ” Kita jaga alam Alam jaga kita ” serta Dansektor 22 menjawab.

Dansektor 22 di bawah Komando Kolonel Inf Asep Rahman Taufik bersama Komunitas Jurnalis Peduli Citarum Harum (JPCH) Pimpinan Asep Mulyana dan Panitia pelaksana Masyarakat Sadar Lingkungan (My Darling) Martika Edison,

Ini merupakan acara yang ke 3 yang di gelar JPCH setelah Kota Bandung, Kab .Bandung dan kini Di Ka.Bandung Barat, kegiatan ini pun sekaligus memperingati hari ibu tanggal 22 Desember ,dengan jumlah peserta 220 Peserta kerjasama dengan Dansektor 22.

Hadir para narasumber antara lain Dansektor 22 Citarum Harum,Kolonel Inf. Asep Rahman Taufiq serta Hadir para Narasumber Ibu Prima Mayangnityas Sekdis DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROPINSI JAWA BARAT yang Mewakili Gubernur Jawa Barat, Ibu DR. HERLINA AGUSTIN dari Dosen dan Peneliti Lingkungan UNPAD , Bapak GAI SUHARJA , P.Hd. ( Ketua Yayasan Nusantara peduli Citarum (NPC) dan Universitas K.Maranatha/Universitas Nahdlatul Ulama, Bapak IGG.MAHA ADI.Conservation Internasional Indonesia. KANG ACIL BIMBO , TOKOH BUDAYA LINGKUNGAN ,Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat, Apung Hadiat Purwoko, Ibu Maryati Kabid Kebersihan DLH Kab.Bandung Barat.

BAH JEPRI PUPUHU KABUYUTAN MASYARAKAT ADAT LEMBANG, KANG SIGIT KAMSENO. Ketua Pokdarwis benteng Belanda Desa Cikahuripan, Bapak.OMAN.Kades, Asep Mulyana.ketua JPCH. MARTIKA EDISON KETUA MY DARLING JPCH, Kana pena sukma sekretaris panitia MY DARLING.

Dan di Dukung oleh IBUNDA ENI SUMARNI , DPD RI , Aster Kasdam III/Siliwangi,Kolonel Arh , GT. HASTO R, ST.
H.KOMARUDIN KEPALA ADM PERHUTANI BANDUNG UTARA, BAPAK DR.H. DADANG RAHMAD HIDAYAT DEKAN FIKOM UNPAD, PDAM KOTA BANDUNG, BPBD KAB. KAB.BANDUNG BARAT, Yusman Sekjen JPCH DAN MEDIA JURNALIS PEDULI CITARUM HARUM , PAK MULYANA PERHUTANI LEMBANG, AMBU ANI TOKOH IBUNDA SUNDA TIM MY DARLING JPCH,

Achoenk Supardi, Seniman Budaya yang Peduli Lingkungan Hidup serta Para Pecinta Alam dari yogya, Ketua Viking Inhofftank, Wawan GSL, Sekjen Forum Bela Negara Kota Bandung ,Kang Ganjar beseta Tim, Abah Edang Supardi dari MYDARLING Kab.Bandung ,Para aktivis Lingkungan Hidup yang peduli Citarum Harum dan Kawasan Bandung Utara,

Selain itu hadir juga beberapa komunitas masyarakat diantaranya para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat dan Warga Desa Kahuripan Lembang. Hadir pula Komunitas Jaringan Wartawan Bhayangkara (Jawara), Jawara Bikers, Mahawarman, Jaringan Wartawan Online (Jarwo) serta yang lainnya.

Dalam diskusi tersebut menurut Dansektor 22 Kolonel Inf.Asep Rahman Taupif ,” Persoalan yang di hadapi di KBB yaitu Kotoran Sapi dan kerusakan lingkungan , KBU yang semestinya sebagai resapan air , kini di saat hujan menjadi banjir memenuhi sendimen tanah ke sungai Citarum,” Ungkap nya.

” Kohe mulai kita atasi dengan sebagian kita buat pupuk,dan bisa di gunakan untuk pembibitan pohon yang sudah tersedia di Resot dago dan cimenyan, Alhamdullilah kita sudah punya puluhan ribu bibit pohon berbagai jenis, kita jaga bersama kawasan Bandung utara ini kita hijaukan kembali ,” Pungkas Asep.

Menurut Ketua Panitia Acara Martika Edison, gelaran ini sekaligus untuk memperingati hari Ibu Disini kita mencoba berbaur dan berharmony dengan alam dengan balutan diskusi serta sarasehan tentang alam yang harus kita jaga dan kita lindungi bersama”, jelasnya.

Sementara ketua JPCH Asep Mulyana mengatakan ” My Darling ini merupakan program Jpch yang mana para jurnalis yang tergabung di jpch dalam rangka mendukung program citarum harum bukan hanya sekedar memberitakan saja namun kami mencoba menjadi pelaku langsung dengan cara membaur dengan masyarakat untuk mensosialisasikan masyarakat sadar lingkungan ( My Darling).

“Program ini akan terus di lakukan keliling di tiap sektor yang ada di Citarum , dan terus menggelorakan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan,” Pungkas nya.

Asep/ Jpch

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *