Liputan Citarum

Dansektor 22 Bersama DPU Tanam Pohon Di Mbah Garut

K- Lidik News.Com.Bandung, – Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Bersama DPU Kota Bandung kembali melakukan penanaman di Bukit Mbah Garut dan Wetland, di Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Rabu (13/5/2020). Kegiatan tersebut sebagai upaya memperbanyak serapan air di wilayah Kota Bandung.

Dansektor 22 Kol. Asep Rahman Taupik menyampaikan, Sektor 22 Citarum harum bersama DPU Kota Bandung kembali datang ke mbah Garut dan wetland Cisurupan, untuk menanam pohon bantuan dari Dinas pertanian Kota Bandung.

“Hari ini 200 pohon Mangga dan Rambutan ditanam. Selain itu, kami juga melakukan perawatan pohon – pohon yang sudah di tanam 3 bulan yang lalu. Alhamdulillah sudah pada tumbuh dengan baik”. Katanya.

Menurutnya, terdapat jenis tanaman buah-buahan agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Dengan demikian, keberadaan pohon ini bisa tumbuh dan memberikan hasil lebih produktif.

“Mudah-mudahan dengan ditanami pohon pohon yang produktif, seperti durian, mangga dan lainnya, memberikan manfaat bagi masyarakat”. katanya.

Sementara menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi, menyampaikan bahwa penanaman pohon ini menjadi investasi besar dalam mereduksi banjir. Karena menyediakan resapan air yang lebih banyak di area hulu, sehingga diharapkan mampu mengurangi debit air turun hilir.

“Jadi intinya kalau ada tanamannya, air yang jatuh 70% diresapkan dan sisanya 30% di alirkan, sehingga bisa mengurangi dampak banjir. Karena ini memperbanyak penyerapan air di hulu sehingga ke hilir semakin sedikit air yang mengalir”. Ungkapnya usai penanaman pohon di kawasan Mbah Garut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *